Rabu, 29 April 2015

Membuat Lampu Lava Sederhana

Cara membuat lampu lava sederhana
Aplikasi dari pelajaran Fisika dan Kimia

Haii... bagi seorang anak ipa sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Fisika dan Kimia bukan? Salah satu aplikasi ilmu fisika dan ilmu kimia ini adalah lampu lava sederhana. Jika dilihat dari sisi fisika yang terdapat dalam lampu lava ini adalah tentang massa jenis zat, terutama massa jenis zat cair. Jika ditanya dari sisi kimia lampu lava ini mengaplikasikan tentang banyaknya camouran bahan yang terdapat pada percobaan lampu lava sederhana ini.
Pada ujian praktek terakhir kemarin saya mencoba membawakan sebuah percobaan yang dinamakan lampu lava sederhana ini. Awalnya saya dan teman saya mencari-cari di mbah google tentang percobaan lampu lava sederhana ini. Namun pencampuran air dan baking soda yang saya coba tidak bereaksi lama sehingga disini saya mencoba melakukan eksperimen mengganti air dengan cuka yang dicampurkan dengan baking soda atau soda kue. Ternyata saya menghasilkan lampu lava sederhana yang menurut saya sukses. Dan disini mari saya kan share pengalaman saya tentang percobaan lampu lava sederhana ini.

Percobaan Lampu Lava Sederhana


Alat dan Bahan :
-          2 buah botol bekas
-          2 botol cuka
-          2 buah baking soda / soda kue secukupnya / tablet Alka-Seltzer
-          2 pewarna yang berbeda warna
-          Minyak goreng secukupnya
-          2 buah Lampu dan colokannya / 2 buah senter

Cara membuatnya
1.      Isi masing-masing botol dengan cuka sekitar 1/5 nya.
2.      Beri warna menggunakan pewarna makanan pada cuka (warna apa saja yang diinginkan). Beri warna berbeda pada botol lainnya.
3.      Kemudian isi masing-masing botol dengan minyak berbanding 2 : 1 dengan cuka.
4.      Pada botol pertama beri 3 sendok baking soda / tablet Alka-Seltzer / soda kue. Perhatikan yang terjadi.
5.      Catat pada buku catatan reaksi yang terjadi.
6.      Pada botol kedua beri 6-7 baking soda / tablet Alka-Seltzer / soda kue. Perhatikan yang terjadi.
7.      Sorot bagian bawah botol dengan lampu atau senter dan perhatikan yang terjadi.
8.      Catatlah perbandingan dan perbedaan reaksi dari kedua lampu lava tersebut.

Meski lampu lava sederhana ini sangat berbeda dengan lampu lava pada umumnya. Lampu lava yang dijual di toko-toko sebagai hiasan lampu kamar sangat jauh lebih modern dari lampu lava sederhana ini. Meski lampu lava sederhana yang kita bisa buat dari bahan yang sederhana ini mempunyai nilai kegunaan yang sama dengan lampu lava yang dijual di toko-toko.
Bagi kalian yang punya tugas yang berhubungan dengan fisika-kimia terutama kalian anak IPA bisa membuat lampu lava sederhana ini dengan menggunakan bahan bekas yang ada di sekitar kita.





~Terima Kasih~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar